Elektabilitas Prabowo Subianto Cenderung Menurun dalam 1,5 Tahun Terakhir

by -158 Views
Menhan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat acara Global Food Security Forum di Bali.

Rabu, 21 Desember 2022 – 09:46 WIB

VIVA Politik – Hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 3-11 Desember 2022 menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di antara tiga nama potensial calon presiden dengan perolehan skor 33,7 persen.

“Ini tiga nama kompetitif, katakanlah begitu, menjadi calon presiden, Ganjar mendapat 33,7 persen suara, masih di posisi teratas,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam siaran YouTube SMRC TV dipantau di Jakarta, Selasa, 20 Desember 2022.

Elektabilitas kedua adalah Anies Baswedan dengan raihan sebesar 28,1 persen, disusul oleh Prabowo Subianto dengan elektabilitas sebesar 26,1 persen dalam peta elektoral tiga tokoh potensial calon presiden melalui simulasi tertutup. Sementara itu, sebanyak 12,1 persen responden belum menyatakan pilihan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama pelaku UMKM

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama pelaku UMKM

Deni mengatakan bahwa Ganjar juga cenderung unggul dalam simulasi semi terbuka 45 nama dengan raihan dukungan sebanyak 26,5 persen, disusul Anies sebesar 18,6 persen, Prabowo sebesar 16,8 persen, dan Ridwan Kamil sebesar 6 persen. Sebanyak 14,4 persen responden belum menentukan pilihan.

Di bawah nama Ridwan Kamil, tokoh-tokoh lain elektabilitasnya tidak begitu signifikan karena hanya di bawah 2 persen, kata Deni.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.