di Pemilu 2024 Partisipasi Anak Muda Tinggi

by -303 Views
Rilis Survei Aksara Research and Consulting Soal Pemilu 2024

Rabu, 21 Desember 2022 – 07:54 WIB

VIVA Politik – Tingkat partisipasi politik generasi muda pada Pemilu 2024, dinilai akan tinggi. Hasil survei, mereka cukup antusias terlibat dalam pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

Lembaga survei Aksara Research and Consulting merilis hasil survei terkini yang menunjukkan cukup tingginya antusiasme kaum muda (usia 17-39 tahun) untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mendatang.

Direktur Aksara Research and Consulting Hendri Kurniawan mengatakan sebanyak 70,7 persen responden menyatakan akan menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024. Sementara jumlah responden yang menyatakan tidak akan menggunakan hak pilihnya hanya 5,1 persen.

“Anak muda yang selama ini dipersepsikan apatis terhadap politik ternyata cukup antusias untuk berpartisipasi di pemilu 2024,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, dikutip dari Antara.

Namun kata dia, jumlah anak muda yang belum menentukan sikap cukup tinggi, yaitu 24,2 persen. Artinya, hampir sepertiga anak muda Indonesia masih massa mengambang.

Masalahnya, tingginya partisipasi elektoral kaum muda di pemilu 2024 berbanding terbalik dengan keinginan mereka berafiliasi atau teridentifikasi dengan partai politik.

“Hanya 13,6 persen anak muda yang menyatakan berminat menjadi anggota partai politik,” ungkapnya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.