Tugas Jokowi Menyiapkan agar Pemilu 2024 Sukses

by -1171 Views
Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Senin, 19 Desember 2022 – 11:17 WIB

VIVA Politik – Peneliti politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengatakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Presiden Joko Widodo di periode kedua kepemimpinannya ialah menyiapkan agar penyelenggaraan pemilihan umum serentak 2024 berjalan sukses.

“Pak Jokowi ini sudah dua periode, berniatlah khusnul khotimah. Tupoksi dia adalah bagaimana menyiapkan agar Pemilu 2024 itu sukses. Jadi, bukan merekrut calon presiden; bukan,” kata Siti dalam diskusi “Merangkum 2022, Menyambut 2023” seperti dipantau pada kanal YouTube Survei KedaiKOPI di Jakarta, Minggu, 18 Desember 2022.

Siti menyebut tugas menyiapkan pemilu serentak 2024 berjalan sukses itu termasuk menjaga agar lembaga-lembaga tinggi negara, seperti MPR, DPR, maupun DPD, tidak memunculkan persepsi ketidakpastian di publik.

Warga memasukkan surat suara saat Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Warga memasukkan surat suara saat Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Photo :

  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Oleh karena itu, menurut dia, Jokowi perlu meredam wacana tentang perpanjangan masa jabatan tiga periode hingga usulan penundaan pemilu supaya tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Termasuk juga untuk meningkatkan kepercayaan publik (public trust) kepada Pemerintah, katanya perempuan yang akrab disapa Wiwik itu.

“Nah, ini antara lain yang, menurut saya, mungkin memang Pemerintah harus merapikan gitu, ya, langkah-langkah bagaimana menuju 2024 agar pemilu itu sukses,” imbuhnya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.