Tren Kasus COVID-19 RI Meningkat saat WHO Nyatakan Status Darurat Berakhir

by -484 Views
Bambang Soesatyo

Selasa, 9 Mei 2023 – 12:11 WIB

VIVA Politik – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menindaklanjuti keputusan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) yang menyatakan bahwa status darurat COVID-19 sudah berakhir.

“Kementerian Kesehatan harus menindaklanjuti keputusan WHO tersebut dengan mempersiapkan diri dan siaga dalam mengendalikan kasus COVID-19 di Indonesia karena tren kasus COVID-19 di Indonesia mengalami peningkatan di tengah keputusan WHO,” ujar Bambang dalam keterangan resminya, Senin, 8 Mei 2023.

Menurut dia, Kemenkes harus tetap melaksanakan program vaksin COVID-19 di Indonesia. Hal ini guna meningkatkan kekebalan komunitas atau herd immunity atas penularan COVID-19 sehingga terus menekan kasus dan angka kematian akibat COVID-19.

Petugas Rapid Test Antigen untuk Penumpang Kereta Jarak Jauh. (Foto ilustrasi)

Petugas Rapid Test Antigen untuk Penumpang Kereta Jarak Jauh. (Foto ilustrasi)

“Mendorong pemerintah dan mengingatkan seluruh masyarakat, meskipun kondisi COVID-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global bukan berarti COVID-19 berakhir sebagai ancaman kesehatan nasional maupun global,” katanya.

Untuk itu, MPR RI meminta Kemenkes tetap berkoordinasi dengan WHO dalam memantau perkembangan, termasuk varian baru COVID-19 yang bisa menyebabkan terjadinya kembali lonjakan kasus dan kematian akibat COVID-19.

Halaman Selanjutnya

Ia meminta Kemenkes agar menyiapkan peta jalan nasional dalam upaya pengendalian COVID-19 untuk jangka panjang karena penanganan kasus COVID-19 perlu dilakukan sesuai situasi yang berkembang di masing-masing negara.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.