Teddy Garuda: Jokowi Bukanlah Presiden Kaleng-kalengan

by -1345 Views
Presiden Joko Widodo di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11/2022).

Minggu, 18 Desember 2022 – 03:26 WIB

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean-Uni Eropa dengan mengingatkan pentingnya kesetaraan dalam perdagangan investasi global. Jokowi beri peringatan ke Uni Eropa soal pentingnya prospek kemitraan tanpa ada pemaksaan.

Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi memaknai pidato Jokowi itu ingin menunjukkan status negara Asean bukanlah negara kelas 2 atau kelas 3. Bagi dia, Jokowi itu ingin menunjukan kelasnya dengan beri peringatan keras kepada Uni Eropa.

“Untuk tidak mendikte negara-negara Asean dan merasa standar mereka lebih baik dari Asean. Hal ini Jokowi sampaikan dihadapan para pimpinan negara anggota Uni Eropa, bukan di belakang mereka,” kata Teddy, dalam keterangannya, Minggu, 18 Desember 2022.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Garuda Teddy Gusnaidi.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Garuda Teddy Gusnaidi.

Dia mengatakan sejak awal, Jokowi sudah berani mengkritik Uni Eropa dengan membuat kebijakan melarang ekspor nikel. Teddy berharap dengan pernyataan terbaru dan sikap Jokowi terhadap Uni Eropa bisa menumbuhkan kepercayaan dari negara-negara anggota Asean untuk bersikap sama.

“Tahun 2023, Indonesia menjadi Ketua Asean, dan nanti di KTT Asean, sebaiknya membuat kesepakatan dalam penguatan ekonomi bahkan militer,” tutur Teddy.

Pun, dia menekankan harapannya agar nanti bisa mengutamakan kerja sama antar negara Asean dibandingkan negara Uni Eropa. Dengan demikian, kata dia, nanti bisa jadi kekuatan besar seperti Uni Eropa.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.