Semua Proyeksi Mengatakan Asia Tenggara Akan Tetap Menjadi Pusat Pertumbuhan

by -252 Views
Tangkapan layar Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa (EU) di Brussels, Belgia, seperti disaksikan secara virtual, Rabu, 14 Desember 2022.

Kamis, 15 Desember 2022 – 10:29 WIB

VIVA Politik – Presiden RI Joko Widodo menegaskan kemitraan negara-negara anggota ASEAN dan Uni Eropa harus didasarkan pada kesetaraan dan tidak boleh ada pemaksaan.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa (EU) di Brussels, Belgia, Rabu, 14 Desember 2022.

“Jika ingin kita membangun sebuah kemitraan yang lebih baik maka kemitraan harus didasarkan pada kesetaraan dan tidak boleh ada pemaksaan. Tidak boleh lagi ada pihak yang selalu mendikte dan beranggapan bahwa my standard is better than yours,” kata Presiden seperti disaksikan secara virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden dari Jakarta, Rabu.

Presiden Joko Widodo di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Tahun 2020

Presiden Joko Widodo di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Tahun 2020

Photo :

  • Foto: Muchlis Jr – Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi mengatakan bahwa selama 45 tahun, kemitraan ASEAN dan Uni Eropa telah membuahkan hasil yang baik. Namun, di sisi lain, Kepala Negara juga mengakui bahwa tidak semua kemitraan baik-baik saja sehingga banyak perbedaan yang harus diselesaikan.

Oleh sebab itu, ia meminta negara-negara anggota Uni Eropa untuk dapat bermitra dengan kesetaraan terhadap ASEAN.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.