Sekjen PDIP Bilang Wacana Reshuffle Menteri Kader Nasdem Masalah Penting Terkait Etika Politik

by -3592 Views
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto

Selasa, 3 Januari 2023 – 20:30 WIB

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menepis tudingan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali yang menyebutkan bahwa partai besutan Megawati Soekarnoputri itu membuat kegaduhan dengan memunculkan wacana perombakan (reshuffle) kabinet Presiden Joko Widodo.

Wacana reshuffle ditengarai ditujukan kepada kader-kader Nasdem di kabinet Indonesia Maju menyusul sikap politik partai pimpinan Surya Paloh itu yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden.

“Ya, kita terima sarannya. Yang jelas kita tidak pernah membikin gaduh. Yang disampaikan oleh kami (PDIP) adalah hal-hal yang prinsipal, hal-hal yang fundamental, terkait dengan etika politik,” kata Hasto kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 3 Januari 2023.

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Mengenai desakan untuk perombakan kabinet, khususnya terhadap menteri kader Partai Nasdem, menurutnya, hal yang wajar. Sebab deklarasi Anies sebagai calon presiden oleh Nasdem, salah satu partai pendukung pemerintah, memicu dinamika dan perubahan konfigurasi politik di Parlemen.

Meski menyuarakan menteri Nasdem harus dievaluasi, Hasto menegaskan bahwa reshuffle memang hak prerogatif Presiden Jokowi. Reshuffle tidak mungkin dijalankan tanpa kehendak Presiden, katanya, dan Jokowi pasti memiliki perhitungan yang matang tentang itu.

Halaman Selanjutnya

Ramai tentang wacana reshuffle itu mula-mula dimunculkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Djarot Saiful Hidayat yang meminta Jokowi mengevaluasi kinerja menteri terutama dua menteri asal Nasdem.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.