Sebanyak 1.806.714 WNI di Luar Negeri Terdaftar Pemilih Pemilu 2024

by -698 Views
Ketua KPU menerima DP4 Pemilu 2024 dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu)

Rabu, 14 Desember 2022 – 11:37 WIB

VIVA Politik – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyerahkan data penduduk potensial pemilih pemilu luar negeri (DP4LN) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantornya pada Rabu, 14 Desember 2022. Tercatat, ada 1.806.714 jiwa warga Indonesia yang berada di luar negeri.

“Setelah melalui proses pemutakhiran, total DP4LN yang kami serahkan sebagai DP4LN yaitu 1.806.714 jiwa, terdiri 1.064.755 perempuan dengan 935 jiwa akan mencapai usia pemilih, dan 740.105 laki-laki dengan 990 jiwa akan mencapai usia pemilih,” kata Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, Siti Nugraha Mauludia.

Menurut dia, Kementerian Luar Negeri telah melakukan pemutakhiran DP4LN menggunakan portal peduli WNI sebagai platform pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri. Platform ini telah terintegrasi dengan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM serta BP2MI.

“Data WNI luar negeri selalu dinamis. Untuk itu, Kementerian Luar Negeri terus melakukan proses pemutakhiran data secara berkesinambungan,” ujarnya.

Pasca penyerahan DP4LN ini, kata Mauludia, Kementerian Luar Negeri siap terus mendukung tahapan-tahapan pemilu selanjutnya, antara lain melalui pembentukan kelompok kerja pemilu luar negeri tingkat pusat dan panitia pemilu luar negeri (PPLN) di setiap perwakilan RI.

“Kami siap terus mendukung data WNI dalam tahapan selanjutnya, yang dilakukan kelompok kerja pemilu luar negeri dan PPLN di seluruh negara. Kami juga siap mengembangkan integrasi portal peduli WNI dengan sistem pendataan pemilu (Sidalih KPU) untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan pemilih,” jelas dia.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.