RKUHP Disahkan Besok, Aliansi Nasional Ancam Kepung Gedung DPR

by -2551 Views
Demo RKUHP di depan Gedung DPR RI, Senin, 5 Desember 2022

Senin, 5 Desember 2022 – 18:35 WIB

VIVA Politik – Aliansi Nasional Reformasi RKUHP menolak tegas rencana pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang rencana disahkan dalam rapat paripurna DPR pada Selasa besok, 6 Desember 2022.

Direktur LBH Jakarta Citra Referendum mengatakan bahwa pihaknya akan kembali berdemonstrasi dengan jumlah massa yang lebih besar lagi untuk menolak pengesahan RKUHP. Sebab, banyak ditemukan pasal-pasal bermasalah dalam RKUHP tersebut.

“Kami akan tetap melakukan penolakan. Kami akan semakin banyak dan besar untuk datang ke DPR menolak RKUHP sampai besok,” kata Citra saat ditemui di sela-sela Aksi Tabur Bunga Penolakan RKUHP di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 5 Desember 2022.

Demo RKUHP di depan Gedung DPR RI, Senin, 5 Desember 2022

Demo RKUHP di depan Gedung DPR RI, Senin, 5 Desember 2022

Citra menyesalkan Pemerintah dan DPR yang dianggap egois karena tidak mendengarkan aspirasi masyarakat yang menyuarakan penolakan terhadap RKUHP bermasalah. Menurut Citra, jika DPR tetap mengesahkan RKUHP maka DPR dan pemerintah dinilainya telah mengkhianati rakyat. 

“Jika kemudian DPR masih terus dengan egois untuk mengesahkan RKUHP, maka kami menganggap DPR telah menghianati rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Ada sebanyak 21 lembaga yang tergabung dalam koalisi masyarakat sipil yang melakukan aksi didepan, DPR, yakni YLBHI, LBH Jakarta, Trend Asia, BEM Kema Unpad, Greenpeace Indonesia, BEM SI Kerakyatan, HRWG, BEM UI, BEM STH Indonesia Jentera, serta Aliansi Jurnalis Independent (AJI), Imparsial, KontraS, Walhi, ICEL, PBHI, HuMa, LBHM, Dompet Dhuafa, Bangsa Mahasiswa, YIFoS Indonesia, dan AMAN.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.