Presiden PKS Legawa jika Aher Tak Jadi Cawapres Anies, Demokrat dan Nasdem Juga Harus Ikhlas

by -1126 Views
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu

Senin, 12 Desember 2022 – 19:30 WIB

VIVA Politik – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu secara gamblang menyatakan bahwa partainya akan ikhlas atau legawa jika salah satu kadernya, misalnya Ahmad Heryawan alias Aher tidak dipilih sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi Anies Baswedan pada pemilu tahun 2024.

PKS, setelah melalui jajak pendapat, memang mengajukan Ahmad Heryawan sebagai kandidat wakil untuk Anies Baswedan, kata Syaikhu dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022.

Nama sang mantan gubernur Jawa Barat itu bersaing dengan sejumlah figur populer lain yang dibidik oleh Koalisi Perubahan yang terdiri dari PKS, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat, di antaranya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan atau Aher di DPP PKS.

Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan atau Aher di DPP PKS.

Penentuan calon wakil untuk Anies Baswedan, sesuai kesepakatan internal Koalisi Perubahan, Syaikhu menegaskan, harus berdasarkan hasil kajian secara mendalam dan survei untuk mengetahui elektabilitas masing-masing figur. Kajian dilakukan oleh tim khusus yang terdiri dari unsur ketiga partai, sementara survei oleh lembaga riset independen.

Saat ditanya apakah PKS akan legawa seandainya berdasarkan hasil kajian dan survei nanti dipastikan elektabilitas Aher rendah dan tidak dipilih, Syaikhu menjawab diplomatis, “ya, semuanya harus legowo, bukan cuma PKS, artinya baik Demokrat dan Nasdem”.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.