PDIP-Gerindra Pilih Nomor Urut Lama di Pemilu 2024, PPP Berharap Diundi

by -581 Views
Wakil Ketua DPR dan juga Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad

Rabu, 14 Desember 2022 – 12:23 WIB

VIVA Politik – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Partai Gerindra lebih cenderung memilih menggunakan nomor urut partai yang lama untuk Pemilu 2024. Menurut Dasco,  Perppu Pemilu yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) membolehkan parpol yang lolos ke DPR RI menggunakan nomor urut peserta pemilu yang sama dengan Pemilu 2019. 

Berdasarkan Perppu tersebut, bagi sembilan partai politik yang lolos ke Senayan pada Pemilu 2019 diberikan dua opsi, pertama, boleh menggunakan nomor urut parpol peserta pemilu yang sama pada Pemilu tahun 2019, Kedua, boleh juga mengikuti kembali penetapan nomor urut partai politik secara undi  bersama dengan peserta pemilu 2024 yang baru  yang telah ditetapkan oleh KPU. 

“Rata-rata partai di Senayan itu termasuk di Gerindra memilih nomor yang lama. Karena mudah mensosialisasikan dan juga dalam soal atribut lah kira-kira,” kata Dasco ditanyai awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 14 Desember 2022. 

Dua siswa Sekolah Menengah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung, beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)

Dua siswa Sekolah Menengah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung, beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)

Photo :

  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Dasco yang juga Wakil Ketua DPR RI, membenarkan bahwa parlemen telah menerima Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Perubahan atas perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. 

“Perppu pertama kan sudah diterbitkan tanggal 12 (Desember 2022) dan otomatis sudah berlaku. Nah oleh. Karena itu, untuk kemudian daerah otonomi baru kita pikir perlu aturan turunan untuk mengatur daerah pemilihan dan lainnya dan itu nanti akan dibahas dan dikoordinasikan dengan Komisi (DPR) terkait,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto mengatakan PDIP akan tetap menggunakan nomor urut lama saat berlaga di Pemilu 2024. Diketahui PDIP merupakan pemilik nomor urut 3 di pemilu sebelumnya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.