PDIP di Survei Selalu Nomor 1, Kenapa Belum Pede Usung Capres?

by -645 Views
Ilustrasi persiapan Rakernas PDIP

Senin, 19 Desember 2022 – 12:24 WIB

VIVA Politik – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang terbaru, kembali menempatkan PDI Perjuangan dinomor 1. Bahkan elektabilitasnya jauh di atas partai di bawahnya. PDIP 24,1 persen sedangkan di bawahnya, nomor 2, ada Partai Golkar 9,4 persen.

“Kalau dari partai-partai yang ada, PDI Perjuangan terlihat unggul dalam survei Desember dengan dukungan 24,1 persen,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani, dikutip Senin 19 Desember 2022 dari Antara.

Dari partai-partai yang ada saat ini, cuma PDIP yang bisa mengajukan sendiri capres-cawapres di Pilpres 2024 tanpa harus koalisi. Karena sudah memenuhi Presidential Threshold atau PT, ambang batas pengajuan capres.

Sejumlah elit PDIP bersuara, kenapa hingga kini partai belum menentukan capres dan cawapres seperti partai-partai lain. Setidaknya ada 2 nama yang mencuat di partai berlambang banteng tersebut, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, pada Oktober 2022 lalu sempat menjelaskan kenapa partai belum mendeklarasikan capres.

“Pak Ganjar itu fokus untuk menyelesaikan tugas-tugasnya menjadi Gubernur Jawa Tengah. Jadi, fokus ke situ. Semuanya berujung bagaimana kami mem-back up secara penuh,” kata Djarot saat membuka Rapat Kerja Daerah III DPW PDIP Sulawesi Selatan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Said Abdullah, salah satu Ketua DPP PDIP juga sempat menyampaikan terkait maraknya deklarasi capres oleh partai politik. Meski demikian, dia menyebut tidak membuat Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri panik. Karena PDIP juga belum memutuskan siapa yang diusung disaat partai-partai lain sudah.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.