Panglima TNI Enggan Tambah Pasukan di Papua meski Serangan KKB Meningkat

by -222 Views
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Kamis, 22 Desember 2022 – 14:11 WIB

VIVA Politik – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan belum akan mengerahkan personel tambahan ke Papua meski mengakui bahwa aktivitas serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah itu meningkat dalam beberap waktu terakhir.

“Untuk yang di Papua, untuk penambahan pasukan, saya kira belum kita laksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi, belum dilakukan,” kata Yudo kepada wartawan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Desember 2022.

Sesuai hasil evaluasi, katanya, eskalasi serangan KKB memang meningkat di empat wilayah operasi TNI. Karena itu, operasi teritorial bakal difokuskan di empat wilayah tersebut.

Persiapan proses evakuasi pekerja Trans Papua pasca penembakan oleh KKB

Persiapan proses evakuasi pekerja Trans Papua pasca penembakan oleh KKB

Photo :

  • Dok. Pendam VXII/Cendrawasih

 

TNI juga akan mengerahkan pasukan ke lokasi-lokasi terkait guna mengamankan aktivitas dan kegiatan masyarakat. Pengamanan difokuskan di sekolah dan rumah sakit setempat. Yang pasti, di daerah yang tingkat kerawanannya tinggi, pengamanan akan difokuskan di situ.

Yudo Margono sebelumnya berencana mengunjungi langsung daerah rawan konflik mulai dari Papua, Laut Natuna hingga Aceh. Ketiga wilayah tersebut, katanya, “daerah rawan strategis yang perlu kita kunjungi” dan “menjadi prioritas”.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.