PAN Diprediksi Akan Eksis, Partai Ummat Butuh Kerja Keras

by -256 Views
KPU mengumumkan hasil verifikasi faktual dan penetapan Partai Ummat

Selasa, 3 Januari 2023 – 10:02 WIB

VIVA Politik – Partai Ummat, satu-satunya yang lolos paling akhir untuk menjadi partai politik peserta Pemilu 2024. Setelah sebelumnya dari 18 partai yang diverifikasi faktual oleh KPU, Partai Ummat dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat atau TMS di Provinsi NTT dan Sulawesi Utara. Setelah verifikasi ulang, Partai Ummat dinyatakan lolos dengan nomor 24.

Kehadiran Partai Ummat, disinyalir menjadi batu sandungan buat Partai Amanat Nasional atau PAN. Sebab irisan suara kedua partai, sama. Apalagi tokoh sentral di Partai Ummat yang juga Ketua Majelis Syuro, adalah Amien Rais. Amien juga lah yang mendirikan PAN di awal-awal Reformasi 1998.

Bendera Partai Amanat Nasional

Bendera Partai Amanat Nasional

Photo :

  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

Lolosnya Partai Ummat di Pemilu 2024 ini, menurut analis politik Arif Nurul Imam, memang memberi pengaruh terhadap PAN. Terutama pada basis dukungan suara yang akan menggerus suara partai berlambang matahari tersebut.

“Soal pengaruh lolosnya Partai Ummat terhadap PAN tentu ada pengaruh, minimal para loyalis Pak Amien Rais. Meski ada penggerusan PAN masih akan survive di Pemilu 2024,” kata Arif Nurul, saat dihubungi, Selasa 3 Januari 2023.

PAN punya kedekatan histori dengan Muhammadiyah, dimana Amien Rais adalah mantan Ketum PP dan tokoh senior Muhammadiyah. Kini setelah Amien mendirikan Ummat, menurut Arif, loyalis Amien akan ikut. 

Tapi dia melihat, PAN masih akan terus eksis walau ada suara yang akan berpindah ke Ummat.

Halaman Selanjutnya

“PAN mengambil suara mengambang yang akan digerakkan oleh para caleg,” katanya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.