Pakai Penguji Eksternal, PKB Bisa Dapat Caleg Berkualitas

by -27 Views
Peneliti senior BRIN Prof Lili Romli (kanan) dan Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim.

Sabtu, 4 Maret 2023 – 03:56 WIB

VIVA Politik – Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yang digelar Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diharapkan bisa mendapatkan bakal caleg di DPR yang berkualitas. Salah satu acuannya karena PKB menggunakan sejumlah penguji eksternal dari berbagai latar belakang profesi.

Penilaian tersebut disampaikan peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Lili Romli. Adapun Prof Lili bertindak sebagai salah satu penguji eksternal.

“Saya kira melalui mekanisme UKK, PKB bisa memperoleh Bacaleg yang berkualitas dan memiliki basis massa yang riil,” kata Prof Lili, dalam keterangannya, Jumat, 3 Maret 2022.

Dia mengatakan fit and proper test ala PKB tersebut bisa dipertahankan pada periode mendatang. Dengan demikian, menurut dia, PKB akan mengetahui visi-misi setiap Bacaleg dengan jelas.

“Saya menguji lima orang, ada yang cukup bagus, dan ada yang belum jelas strategi, visi, misinya. Makanya, saya bilang UKK ini penting untuk dilaksanakan agar dapat Bacaleg yang memahami visi misi partai,” jelas Lili.

Anggota Dewan Penasihat Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini (kanan) menyambangi kantor pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jakarta, Jumat, 3 Maret 2023.

Anggota Dewan Penasihat Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini (kanan) menyambangi kantor pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jakarta, Jumat, 3 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya

Pun, dia juga berharap parpol lain bisa menduplikasi mekanisme fit and proper test yang dilakukan PKB. Sebab, dengan cara yang dilakukan PKB bisa mengindentifikasi track record Bacaleg yang akan diusung partai.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.