Mau Nataru, Komisi III DPR Minta BNPT Tingkatkan Kewaspadaan

by -156 Views
Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto

Kamis, 8 Desember 2022 – 11:20 WIB

VIVA Politik – Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Wuryanto meminta Polri hingga BNPT meningkatkan kewaspadaan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru atau Nataru. 

Kewaspadaan itu disampaikan pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu, terutama pasca insiden bom bunuh diri di kantor Polsek Astana Anyar, Kota Bandung Rabu pagi kemarin. Sehingga peristiwa serupa tidak terjadi kembali. 

“Tingkat kewaspadaan harus dinaikkan, ini menyangkut penegak keamanan yang di dalamnya ada BNPT, kepolisian dan intelijen,” kata Bambang Pacul, Kamis, 8 Desember 2022. 

Politikus PDIP ini menegaskan, peristiwa bom bunuh diri tersebut seharusnya dapat diantisipasi oleh jajaran aparat keamanan. Menurut Bambang, aparat seharusnya punya internal security sistem untuk mencegah terjadinya aksi teror.

“Jadi internal security system ini harus ditata ulang, kalau di banyak negara kan sudah ada internal security, semua negara punya yaitu sistem yang bisa kita baca bersama,” katanya.

Lebih lanjut dia juga mengusulkan, agar program deradikalisasi yang dilakukan BNPT dievaluasi. Mengingat, pelaku bom bunuh diri merupakan residivis atau mantan terpidana terorisme.

“Menurut catatan sementara korban ini diduga itu adalah mantan napi terorisme yang sudah terkena hukuman 4 tahun di Nusakambangan, kalau keluarnya begini, berarti kan ada dugaan belum sembuh, maka ini harus dilakukan peningkatan lagi deradikalisasi,” imbuhnya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.