Masalah Pengungsi Rohingya Terdampar di Aceh Harus Ada Solusi di ASEAN, Kata Legislator PKS

by -4019 Views
Sukamta, Anggota Komisi I DPR RI sekaligus Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI

Kamis, 29 Desember 2022 – 12:25 WIB

VIVA Politik – Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilai posisi strategis Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023, dapat digunakan untuk mewujudkan solusi terkait konflik yang terjadi di Myanmar dan mendorong negara tersebut agar lebih demokratis dan menjunjung tinggi HAM.

“Indonesia yang saat ini memikul tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan rumah ASEAN, yaitu masalah Myanmar dan Rohingya,” kata Sukamta di Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022.

Dia menilai persoalan pengungsi Rohingya harus diselesaikan pemerintah Indonesia yang kini mengemban amanah sebagai Presidensi ASEAN 2023.

Para pengungsi Rohingya terdampar di Aceh

Para pengungsi Rohingya terdampar di Aceh

Menurut dia, posisi strategis Indonesia harus dioptimalkan untuk menyelesaikan masalah-masalah ASEAN khususnya Myanmar secara cepat dan tepat agar tidak mengganggu kestabilan keamanan dan ekonomi kawasan.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menjelaskan persoalan pengungsi Rohingya di Aceh juga harus menjadi perhatian penting. “Ketika Indonesia mendorong penyelesaian konflik di negara asal pengungsi Rohingya, Myanmar, maka persoalan pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh juga harus ada solusi dan perhatian khusus,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Deklarasi Universal HAM

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.