Luhut ke KPK: Jangan Sedikit-sedikit Tangkap Tangan

by -265 Views
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Selasa, 20 Desember 2022 – 16:43 WIB

VIVA Politik – Digitalisasi pada berbagai sektor akan menekan potensi korupsi sehingga meminimalkan penindakan melalui operasi tangkap tangan, kata Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut menjelaskan upaya digitalisasi yang berhasil diterapkan pada 14 pelabuhan. Selain itu, keuntungan penggunaan aplikasi e-katalog yang dikembangkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Aplikasi tersebut berhasil mendata 2,3 juta item senilai Rp1.600 triliun.

“Itu sama dengan 105 miliar Dollar (AS). Jadi kita enggak usah cari mana macam korupsi, yaitu salah satu tempat korupsi. Jadi, sarangnya targetin,” kata Luhut dalam acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi 2023-2024 yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan sejumlah kementerian/lembaga lainnya, Selasa, 20 Desember 2022.

Ilustrasi: Penyidik KPK saat rilis barang bukti kasus korupsi

Ilustrasi: Penyidik KPK saat rilis barang bukti kasus korupsi

Luhut lantas mengklaim bahwa tidak akan ada yang bisa melawan atau melakukan kecurangan dalam digitalisasi atau sistem dan operasi yang dilakukan secara digital. Digitalisasi, termasuk di sektor pelabuhan, menurutnya, mengubah tatanan di Indonesia.

“Karena ini mengubah negeri ini. Kita enggak usah bicara tinggi-tinggilah. Kita OTT-OTT itu kan enggak bagus, sebenarnya, buat negeri ini jelek banget,” katanya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.