LSI Denny JA Ungkap Dilema 4 ‘King Maker’ Jelang Pilpres 2024

by -730 Views
Konferensi pers hasil temuan LSI Denny JA, Selasa 20 Desember 2022

Selasa, 20 Desember 2022 – 19:43 WIB

VIVA Politik – Pada bulan Desember 2022, LSI Denny JA mencatat tumbuhnya empat king maker yang akan menentukan maksimal tiga pasang Capres untuk Pilpres 2024. Empat king maker tersebut adalah Megawati Soekarno Putri, Airlangga Hartarto (AH), Prabowo Subianto dan Surya Paloh.

Menurut LSI Denny JA, saat ini empat “king maker” itu memiliki dilema masing-masing dalam menentukan capres-cawapres untuk bertarung di 2024. Pertama, Surya Paloh dengan Partai NasDem mengajukan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada pemilu 2024.

“Dilemanya Surya Paloh, Partai NasDem tetap di pemerintahan atau keluar dari pemerintahan agar tegas bahwa Anies Baswedan yang diusung membawa isu perubahan. Kemudian dalam mengusung Anies Baswedan akan membawa slogan penerus Jokowi atau antitesa Jokowi,” kata peneliti LSI Denny JA Fitri Hari Selasa 20 September 2022.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Kedua, dilematis Megawati di mana elektabilitas dua kader PDIP dan Prabowo jika diurut, peringkat pertama ada Ganjar dengan elektabilitas sebesar 25,8 persen, Prabowo dengan 23,9 persen, dan Puan Maharani sebesar 2,9 persen.

Menurut dia, dilema Megawati membuat kader PDIP menjadi cawapres Prabowo (bagi Puan atau Ganjar) atau meninggalkan Prabowo, dan kader PDIP maju sebagai capres.

“Jika menyerahkan Puan sebagai cawapres Prabowo, Ganjar akan dipinang partai lain sebagai capres. Sementara jika menyerahkan Ganjar menjadi cawapres Prabowo, bukankah elektabilitas Ganjar lebih tinggi dan PDIP partai lebih besar dibandingkan Gerindra,” ujar Fitri.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.