KPU Raih Peringkat Pertama Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022

by -166 Views
Ketua KPU Hasyim Asyari (kiri) menerima anugerah Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 Kategori Lembaga Nonstruktural dari Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro di Jakarta, Rabu, 14 Desember 2022.

Kamis, 15 Desember 2022 – 11:38 WIB

VIVA Politik – KPU meraih peringkat pertama Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 Kategori Lembaga Nonstruktural dengan perolehan nilai 98,68. Ketua KPU Hasyim Asy’ari menerima langsung anugerah tersebut dari Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro di Jakarta, Rabu, 14 Desember 2022.

“Alhamdulillah, KPU mendapatkan anugerah dari Komisi Informasi Pusat sebagai Lembaga Nonstruktural dengan kategori Paling Informatif, peringkat pertama. Ini sebagai sebuah hasil penilaian apa yang telah dikerjakan KPU dalam penyelenggaraan pemilu setahun terakhir,” kata Hasyim, dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA

Menurut Hasyim, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum mengatur salah satu asas penyelenggara pemilu adalah transparan. KPU memaknai transparansi itu, pertama, open to document; kedua, access for information. Tugas KPU adalah menyampaikan perkembangan informasi kepemiluan kepada publik.

Ketua KPU Hasyim Asyari (kiri) menerima anugerah Anugerah Keterbukaan Informasi

Ketua KPU Hasyim Asyari (kiri) menerima anugerah Anugerah Keterbukaan Informasi

Implementasi dari asas transparansi adalah terbuka kepada dokumen penyelenggaraan pemilu sepanjang masuk kategori yang tidak dikecualikan. Selain itu, membuka akses proses penyelenggara pemilu kepada masyarakat agar pemilu maupun hasil pemilu kemudian mendapat pengakuan.

Sebagai lembaga pelayanan, KPU mempunyai dua target besar, yakni melayani pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dan melayani peserta pemilu melakukan kontestasi kepemiluan. Partisipasi menjadi sesuatu yang penting agar pemilu sah secara hukum dan politik. Oleh karena itu, pelayanan keterbukaan informasi publik penyelenggaraan pemilu menjadi sesuatu yang penting.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.