Ketua KPU Bantah Bertemu Partai Ummat Sebelum Penetapan Parpol Peserta Pemilu

by -1638 Views
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Rabu, 21 Desember 2022 – 00:56 WIB

VIVA Politik – Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengaku sudah mengonfirmasi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari terkait kabar adanya pertemuan dengan Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi sebelum penetapan partai politik peserta Pemilu 2024.

“Iya proaktif terhadap hal itu (isu pertemuan Hasyim dan Ridho). Saya tanyakan kepada Mas Hasyim, beliau tidak menyatakan hal demikian,” kata Bagja di Jakarta pada Selasa, 20 Desember 2022.

Menurut dia, jika pertemuan itu terjadi memang konteksnya pelanggaran kode etik. Bahkan, kata dia, apabila ada bukti kuat perihal pertemuan Hasyim dan Ridho itu akan diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Pertama adalah hal tersebut perbincangannya apa. Kedua adalah bagaimana, apakah terjadi? Kalau terjadi, maka konteksnya pelanggaran kode etik. Bawaslu akan menunggu dan jika ada alat bukti yang sangat kuat, maka akan mengajukan kepada DKPP seandainya ada. Tapi masyarakat juga dapat melaporkan ke DKPP,” jelas dia.

Ketua KPU Hasyim Asyari

Sebelumnya, Rahmat Bagja mengatakan pihaknya tidak menemukan adanya dugaan kecurangan yang dilakukan KPU RI dalam meloloskan partai tertentu sebagai peserta Pemilu 2024. Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tingkat daerah.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.