Kepala Bakamla Akan Patroli Bersama dengan Kementerian dan Lembaga di Wilayah Laut RI

by -691 Views
Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia meresmikan ruang layanan pengaduan di Kompleks Kantor Bakamla, Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022.

Jumat, 30 Desember 2022 – 06:02 WIB

VIVA Politik – Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia mengatakan patroli bersama antarkementerian/lembaga di wilayah laut Indonesia untuk menghilangkan ego sektoral.

“Kerja sama dengan menghilangkan ego sektoral,” ujar Aan Kurnia, di Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022.

Bakamla untuk pertama kali melaksanakan patroli bersama sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022 selama 60 hari di Selat Malaka dan Selat Singapura. Dalam operasi itu dilakukan 637 pemeriksaan, dengan hasil 7 kapal ditangkap karena melaksanakan pelanggaran.

Kapal patroli Bakamla mencegat kapal motor berbendera Bahama di perairan Kepri

Kapal patroli Bakamla mencegat kapal motor berbendera Bahama di perairan Kepri

Dia menjelaskan Peraturan Pemerintah (PP) itu terkait Penyelenggaraan Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum (PKKPH) di perairan dan yurisdiksi laut nasional Indonesia. Sebanyak 13 kementerian/lembaga terkait terlibat dalam implentasi PP tersebut.

“Kami ditunjuk jadi koordinator pelaksanaan penyusunan kebijakan keamanan laut, penyusunan rencana patroli nasional, dan pembentukan tim kerja pemantauan keamanan dan keselamatan laut,” katanya.

Halaman Selanjutnya

Dia menilai operasi patroli bersama jauh lebih efektif dibandingkan patroli masing-masing kementerian/lembaga. Selain itu, operasi bersama bisa memetakan sarana dan prasaran kekuatan serta kebutuhan dari masing-masing kementerian/lembaga.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.