capitalinc.co.id

Jubir Milenial PKB Sebut Kasus HIV Perlu Penanganan Super Serius dan Cepat dari Pemerintah

Juru Bicara (Jubir) Milenial Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nada Fuady

Kamis, 1 Desember 2022 – 20:30 WIB

VIVA Politik – Juru Bicara Milenial Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nada Fuady meminta Pemerintah agar lebih serius menangani kasus infeksi HIV/AIDS menyusul jumlah kasus tersebut di Indonesia menduduki posisi teratas di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2021.

“Angka ini tidak sedikit, perlu penanganan yang super serius dan cepat dari Pemerintah,” kata Nada dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, 1 Desember 2022.

Sebagaimana estimasi yang dirilis Joint United Nations Programme on HIV/AIDS (UNAIDS), Indonesia di posisi teratas sebagai negara yang memiliki jumlah kasus infeksi HIV terbanyak di Asia Tenggara pada tahun 2021 dengan total 540.000 orang terinfeksi virus itu. Jumlah tersebut mengalahkan Thailand, Myanmar, dan Vietnam.

Sementara itu, menurut data Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2020, diperkirakan ada 543.100 orang yang mengidap HIV. Pada tahun yang sama, sebanyak 30.100 orang diperkirakan meninggal. Namun, hanya 10.000 kasus yang dilaporkan.

Bertepatan dengan momentum peringatan Hari AIDS Sedunia pada tanggal 1 Desember, Nada berpendapat bahwa peringatan tersebut tidak boleh hanya ditandai dengan kegiatan seremonial, tetapi perlu adanya terobosan-terobosan dari Pemerintah agar Indonesia lekas keluar dari masalah akut tersebut.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version