Gibran Emoh Disebut Juru Damai Konflik Keraton Solo: Saya Hanya Menyediakan Makan

by -130 Views
Dua kubu berseteru Keraton Kasunanan Surakarta, difasilitasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, bertemu dan bersepakat untuk mengakhiri konflik internal keluarga kerajaan itu di rumah dinas Loji Gandrung, Solo, Rabu, 4 Januari 2023.

Rabu, 4 Januari 2023 – 19:47 WIB

VIVA Politik – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mempertemukan dua kubu yang terlibat konflik internal Keraton Kasunanan Surakarta di rumah dinas Loji Gandrung, Solo, Rabu, 4 Januari 2023. Kedua kubu berseteru sepakat untuk mengakhiri konflik demi melestarikan Keraton Kasunanan Surakata.

Pertemuan antara Sinuhun Paku Buwono XIII dengan Gusti Moeng berlangsung di ruang rapat eks rumah dinas Joko Widodo saat menjabat sebagai wali kota Solo. Selain dua pentolan anggota keluarga Keraton itu yang duduk satu meja dengan Gibran, antara lain permaisuri raja, GKR Paku Buwono XIII, dan putra mahkota KGPH Purbaya.

Kedatangan keluarga Keraton untuk menindaklanjuti hasil pertemuan islah yang berlangsung di Sasana Narendra Keraton Kasunanan Surakarta pada Selasa, 3 Januari. Selain untuk islah, pertemuan di Loji Gandrung untuk memenuhi undangan jamuan makan siang dari Wali Kota Solo.

Dua kubu berseteru Keraton Kasunanan Surakarta, difasilitasi Wali Kota Solo Gibr

Dua kubu berseteru Keraton Kasunanan Surakarta, difasilitasi Wali Kota Solo Gibr

Setelah pertemuan dan makan siang, Sinuhun Paku Buwono XIII yang naik kursi roda keluar dari ruang rapat. Kemudian diiikuti oleh sang permaisuri dan Gusti Moeng yang merupakan Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, putra mahkota dan Gibran Rakabuming Raka.

Mereka duduk di kursi yang telah disiapkan di depan pintu masuk Loji Gandrung. Dua kubu yang sempat berseteru antara Sinuhun Paku Buwono XIII dan Gusti Moeng akhirnya saling duduk berdekatan. Sedangkan Gibran malah duduk di barisan kursi aling ujung timur yang bersebelahan dengan putra mahkota.

Halaman Selanjutnya

Pertemuan guyub dan rukun

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.