Gesekan Sekecil Apapun Selesaikan Saat Itu, Jangan Tunggu Membesar

by -626 Views
Presiden Joko Widodo Dalam Acara Konsolidasi Nasional Bawaslu RI

Sabtu, 17 Desember 2022 – 19:58 WIB

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah arahan dalam Konsolidasi Nasional (Konsolnas) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. 

Memasuki tahapan Pemilu 2024 ini, Presiden menyebut Bawaslu harus mulai memetakan masalah. Terutama yang berpotensi terjadi.

Kepala Negara juga menyampaikan, bahwa setiap ruang kemungkinan terjadinya pelanggaran pemilu harus sudah diantisipasi oleh Bawaslu.

“Saya ingin menekankan beberapa hal. Pertama, petakan segera potensi masalah dan kemungkinan terjadinya pelanggaran, harus dipetakan,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya, Sabtu 17 Desember 2022.

Pemetaan masalah ini, lanjut Jokowi, untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu. Maka dari itu, harus dimulai dari Bawaslu pusat dan diikuti oleh daerah. Dia menambahkan, bahwa Pemilu 2024 mendatang bakal menjadi pesta demokrasi yang besar dan akan menjadi bagian dari sejarah Indonesia.

“Perhatikan satu per satu setiap kemungkinan jangan ada yang terlewat. Lakukan perencanaan yang matang, siapkan langkah pencegahan, siapkan langkah-langkah mitigasi, siapkan langkah-langkah antisipasi. Jangan sampai ada kejadian kita baru pontang panting,” jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi juga meminta peran aktif para anggota Bawaslu, dalam mengawasi potensi pelanggaran pemilu. Dia menekankan, anggota Bawaslu tidak hanya bekerja ketika laporan pelanggaran pemilu masuk.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.