Gerbang Kantor Gubernur Aceh Ditutup dengan Papan Penolakan RKUHP

by -243 Views
Papan Spanduk Penolakan RKUHP di Pintu Masuk Kantor Gubernur Aceh

Selasa, 6 Desember 2022 – 12:27 WIB

VIVA Politik – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh, mengirim papan spanduk ke depan kantor Gubernur Aceh dan DPR Aceh. Aksi tersebut sebagai bentuk penolakan terhadap pengesahan RKUHP menjadi undang-undang.

Seperti diketahui, DPR RI baru saja mensahkan RKUHP, dalam paripurna Selasa 6 Desember 2022. Pengesahan sudah mendapat persetujuan fraksi-fraksi, walau ada catatan seperti dari Demokrat.

“Aksi ini sebagai bentuk penolakan dari kita jurnalis Aceh terhadap pengesahan RKUHP oleh DPR RI,” kata Ketua AJI Banda Aceh Juli Amin, Selasa, 6 Desember 2022.

Juli Amin mengatakan, berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan oleh AJI seluruh Indonesia terhadap RKUHP tersebut, terdapat 17 pasal yang dinilai telah mencederai kebebasan pers.

Bahkan, beberapa pasal diantaranya juga sangat berpotensi mengekang kerja-kerja jurnalistik. Jika aturan tersebut berlaku, maka pekerja pers bakal ikut merasa dampaknya.

“Maka kami menuntut DPR dan pemerintah mencabut pasal bermasalah di RKUHP yang berpotensi mengekang kerja-kerja jurnalistik dan mengkriminalisasi jurnalis,” katanya.

Tak hanya mencabut pasal yang dinilai bermasalah, AJI Banda Aceh juga menuntut DPR RI segera menunda pengesahan RKUHP tersebut, karena selama ini pemerintah tidak memberikan ruang partisipasi yang bermakna bagi publik, termasuk komunitas pers.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.