Fit And Proper Test Yudo Margono, DPR Diminta Tagih Komitmen Netralitas TNI

by -892 Views
Ilustrasi TNI

Jumat, 2 Desember 2022 – 13:03 WIB

VIVA Politik – Komisi I DPR RI akan menggelar fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu diproyeksikan sebagai pengganti Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun.

Jika disetujui DPR, nantinya Yudo akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun pada 21 Desember 2022.

Pengamat militer dan pertahanan dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mendorong sejumlah hal yang harus didalami DPR kepada Yudo dalam proses fit and proper test. Fahmi menyebut ada lima hal yang harus didalami para legislator di Senayan.

“Pertama, pemantapan  interoperabilitas matra melalui penguatan peran Kogabwilhan. Lalu, dukungan terhadap upaya peremajaan dan modernisasi alutsista, termasuk soal pemeliharaan, penggunaan dan keselamatan pengguna,” kata Fahmi, dalam keterangannya, Jumat, 2 Desember 2022.

VIVA Militer: KSAL Yudo Margono hadiri pembukaan Euronaval 2022 di Perancis

VIVA Militer: KSAL Yudo Margono hadiri pembukaan Euronaval 2022 di Perancis

Selain itu, Fahmi berharap, Komisi I DPR juga bisa mendalami dan mencecar Yudo ihwal penyelesaian masalah-masalah kekerasan yang tidak patut oleh prajurit. Hal itu baik di lingkungan TNI maupun di tengah masyarakat dan di daerah konflik dan rawan.

Dia menyinggung contoh prajurit TNI yang dipersoalkan karena menjaga gedung Mahkamah Agung (MA).

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.