Erick Thohir Jadi Cawapres Elektabilitas Tertinggi, Ungguli AHY dan RK

by -29 Views
Menteri BUMN Erick Thohir.

Kamis, 22 Desember 2022 – 15:54 WIB

VIVA Politik – Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) terkuat berdasarkan hasil rilisi survei nasional Poltracking Indonesia. Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan dengan nama-nama lain dalam simulasi 20 dan 10 nama. 

Berdasarkan temuan Poltracking, dalam simulasi 20 nama elektabilitas Erick Thohir terdata sebesar 15,1 persen. Di tempat ke dua terdapat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan mengikuti Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

“Dalam simulasi 20 nama cawapres, Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 15,1 persen diikuti Ridwan Kamil 14,0 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 11,7 persen,” tertulis dalam keterangan tertulis Poltracking Indonesia dengan tema Tendensi Peta Politik Pilpres 2024 Tren Kekuatan Elektoral Partai Politik, Capres dan Cawapres, Kamis 22 Desember 2022

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menyampaikan paparan hasil survei lembaga survei Poltracking Indonesia. (Foto ilustrasi)

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menyampaikan paparan hasil survei lembaga survei Poltracking Indonesia. (Foto ilustrasi)

Photo :

  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Elektabiltas terkuat milik Erick Thohir tidak berubah ketika di simulasi 10 nama. Menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut semakin kokoh sebagai cawapres terkuat dengan elektabilitas sebesar 16,2 persen. Sedangkan posisi kedua dan ketiga masih mengikuti Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono. 

“Dalam simulasi 10 nama cawapres, Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 16,2 persen, diikuti Ridwan Kamil 15,1 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 12,0 persen,” jelasnya.

Perlu diketahui, Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei nasional pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.