Elektabilitas Prabowo Masih Moncer di Survei, Pakar Analisa Faktor Pemicunya

by -69 Views
Prabowo Subianto, HUT Partai Gerindra ke-15

Rabu, 22 Februari 2023 – 21:43 WIB

VIVA Politik – Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih berada di jajaran teratas bakal capres 2024 versi jajak pendapat survei. Elektabilitas Menteri Pertahanan RI itu naik seperti dirilis survei Litbang Kompas.

Pakar politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menganalisa moncernya elektabilitas eks Danjen Kopassus itu karena pergerakannya yang sudah berjalan. Ia menyebut keunggulan Prabowo karena banyak melakukan silaturahmi ke berbagai tokoh.

“Prabowo melakukan silaturahmi ke banyak tokoh. Sosialisasinya jalan, maka itu menjadi faktor yang membuat elektabilitasnya meningkat,” kata Ujang, Selasa, 22 Februari 2023.

Ujang menilai Prabowo mesti bisa menjaga elektabilitasnya menuju persaingan di 2024. Caranya dengan tetap konsisten menjaga silaturahmi ke berbagai kalangan masyarakat.  Menurut dia, silaturahmi itu dengan menemui rakyat dari berbagai kalangan hingga ulama.

“Jadi, atas bawah harus silaturahmi digas pol, apabila silaturahmi itu bisa mendukung. Intinya harus konsisten untuk menemui kalangan atas, ulama, dan rakyat secara konsisten dan masif,” ujar Ujang.

Sebelumnya, Litbang Kompas merilis hasil jajak pendapat terbarunya periode Januari 2023. Temuan terbaru melaporkan elektabilitas Prabowo berada di angka 18,1 persen. Angka itu mengalami kenaikan 0,5 persen dibanding jajak pendapat Litbang Kompas sebelumnya pada Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya

Survei Litbang Kompas terbaru dilakukan pada 25 Januari hingga 4 Februari 2023. Sebanyak 1.202 responden dari 38 provinsi di Tanah Air dilibatkan. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.