Elektabilitas Prabowo dan Anies di Bawah Ridwan Kamil di Jawa Barat

by -375 Views
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Minggu, 13 November 2022 – 19:08 WIB

VIVA Politik – Survei CIGMark menunjukkan peta kekuatan calon presiden (capres) di provinsi Jawa Barat dengan nama Ridwan Kamil mengungguli sejumlah nama tokoh, di antaranya Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

“Dalam simulasi pertanyaan tertutup tentang siapa capres yang akan dipilih jika pilpres dilakukan saat ini, Ridwan Kamil menempati elektabilitas paling tinggi sebesar 39,2 persen dari 18 nama yang diuji,” kata CEO CIGMark Panca Pratama Iskandar dalam forum “Diskusi Hasil Survei Jawa Barat Dalam Pusaran Politik 2024” di Jakarta, Minggu, 13 November 2022.

Simulasi pertanyaan yang sama, di urutan kedua ada nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebesar 23,5 persen, disusul Anies Baswedan 14,9 persen, dan Ganjar Pranowo sebesar 8,1 persen.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Nama Surya Paloh, Muhaimin Iskandar, Zulkifli Hasan, Salim Assegaf, dan Suharso Monoarfa berada di urutan lima terbawah yang elektabilitasnya di bawah lima persen. Sedangkan pemilih yang belum memutuskan (undecide voters) sebesar 3,8 persen.

Kemudian dari aspek loyalitas pendukung, sosok Ridwan Kamil menempati posisi paling tinggi sebesar 31,5 persen. Angka tersebut mengungguli jauh dari pesaingannya yang lain. Pemilih loyal Prabowo 16,1 persen, Anies 9,5 persen, dan Ganjar 5,1 persen.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.