Elektabilitas NasDem Makin Jeblok di SMRC, Safari Politik Anies Tak Ngefek

by -209 Views
Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Senin, 19 Desember 2022 – 01:10 WIB

VIVA Politik – Direktur Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani mengungkapkan bahwa hasil survei terbaru pihaknya bahwa deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 belum menaikkan elektabilitas partai Nasdem secara signifikan.  

Bahkan, kata dia, hasil deklarasi dan mobilisasi massa di sejumlah daerah yang dilakukan Partai Nasdem dan Anies Baswedan juga belum terlihat. 

“Sejauh ini dekralasi (Anies Baswedan) itu belum punya dampak menaikkan elektabiltas NasDem secara signifikan. Kalau survei sebelumnya juga kita peroleh NasDem di atas 4 persen, sekarang 3,2 persen. Kalau ada efek kan mestinya ada kenaikan yang konsisten pada Nasdem,” kata Deni, Minggu, 18 Desember 2022.

Deni menegaskan, dengan perolehan suara 3,2 persen, hal itu membuat Nasdem menempati posisi ke delapan dalam survei SMRC periode terkini.

Acara jalan sehat yang dihadiri Anies Baswedan di kantor DPW Nasdem Aceh

Acara jalan sehat yang dihadiri Anies Baswedan di kantor DPW Nasdem Aceh

Sementara di posisi pertama ada PDIP dengan perolehan 24,1 persen. Kemudian, posisi berikutnya ada Golkar dengan 9,4 persen, Gerindra dengan 8,9 persen dan Demokrat dengan 8,9 persen.

Selanjutnya, terdapat PKS dengan 6,2 persen, PKB dengan 6,1 persen, Perindo dengan 4,6 persen, Nasdem dengan 3,2 persen, PPP 2,9 persen, dan PAN 1,7 persen.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.