Elektabilitas Anies Baswedan Stagnan karena Tak Jelasnya Kapan Deklarasi

by -68 Views
Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Senin, 10 April 2023 – 14:11 WIB

VIVA Politik – Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mencapai 23,3 persen, atau lebih unggul daripada Ganjar Pranowo (22,5 persen) dan Anies Baswedan (18,2 persen).

“Prabowo unggul melawan Ganjar dalam bursa capres, dan keduanya meninggalkan Anies di posisi tiga besar,” ucap peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, 10 April 2023.

Menurut Prijo, elektabilitas Prabowo yang lebih unggul daripada Ganjar mengindikasikan terjadinya pergeseran dukungan dari pemilih loyalis Jokowi. Prabowo juga kerap mendampingi Jokowi pada kunjungan ke sejumlah daerah, hingga pujian yang dilontarkan kepada Jokowi.

Koalisi Perubahan dukung Anies Baswedan sudah tandatangani piagam kesepakatan.

Koalisi Perubahan dukung Anies Baswedan sudah tandatangani piagam kesepakatan.

Dalam silaturahmi di kantor pusat PAN pada awal April 2023, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) berkumpul dan memberikan isyarat akan bersatu membentuk koalisi besar.

Di sisi lain, tren kenaikan elektabilitas Anies terjadi setelah NasDem mengusung Anies hingga deklarasi pencapresan di akhir 2022. “Selanjutnya, elektabilitas Anies stagnan atau sedikit turun terkait dengan tidak jelasnya kapan deklarasi resmi ketiga partai anggota KPP,” kata Prijo.

Halaman Selanjutnya

Prijo juga mengungkapkan bahwa tidak tertutup kemungkinan elektabilitas Anies bergerak naik lagi mendekati jadwal pendaftaran capres/cawapres.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.