Dukung Pemilu Coblos Partai Bukan Caleg, Begini Penjelasan PDIP

by -122 Views
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Selasa, 3 Januari 2023 – 18:38 WIB

VIVA Politik – PDI Perjuangan (PDIP) beri penjelasan alasan mendukung Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dengan sistem proporsional tertutup. Muncul wacana kemungkinan Pileg 2024 menerapkan sistem proporsional tertutup yang mencoblos partai politik bukan caleg.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim PDIP tidak didesain hanya untuk memenangkan pemilu tapi juga menjalankan fungsi kaderisasi. Selain itu, kata dia, PDIP menyiapkan pendidikan politik dan memperjuangkan aspirasi rakyat menjadi kebijakan publik

“Di situlah proporsional tertutup kami dorong karena juga sangat tepat dalam konteks saat ini di mana kita dihadapkan pada berbagai persoalan ketidakpastian perekonomian global,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa, 3 Januari 2023.

Sekjen PDIP Hasto Kristyanto, Djarot Saiful Hidayat, dan Tri Rismaharini (tengah) saat konsolidasi di kantor PDIP Jatim di Surabaya. (Foto ilustrasi)

Sekjen PDIP Hasto Kristyanto, Djarot Saiful Hidayat, dan Tri Rismaharini (tengah) saat konsolidasi di kantor PDIP Jatim di Surabaya. (Foto ilustrasi)

Menurut Hasto, dengan sistem proporsional tertutup, penyelenggaran pemilu akan menjadi lebih sederhana. Dia bilang, dengan sistem tersebut kecurangan pemilu juga dapat diminimalisir.

Hasto pun menyinggung kasus petugas penyelenggara pemilu yang wafat karena diduga keletihan.

“Begitu banyak penyelenggara pemilu berguguran karema terlalu capek akibat pemilu yang begitu kompleks itu nanti semua bisa dicegah,” kata Hasto.

Halaman Selanjutnya

Pun, dia menambahkan, sistem proporsional tertutup juga buka peluang bagi seluruh anak bangsa dengan berbagai latar belakang untuk terpilih menjadi anggota dewan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.