Dikabarkan Bakal Deklarasi Bareng NasDem-PKS, AHY: Kami Hanya Ingin Berikhtiar

by -565 Views
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Senin, 9 Januari 2023 – 05:06 WIB

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menanggapi kabar deklarasi koalisi bersama Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada bulan Januari atau Februari 2023. Menurut dia, Demokrat bersama PKS dan Partai NasDem terus membangun komunikasi secara intens.

“Insya Allah. Saya hanya mohon doanya saja. Kami sekali lagi hanya ingin berikhtiar dan kita semua berharap selalu ada jalan bagi alternatif,” kata AHY di daerah Darmawangsa, Jakarta Selatan pada Minggu, 8 Januari 2023.

Sampai saat ini, putera mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyebut Partai Demokrat terus melakukan komunikasi dengan Partai NasDem dan PKS untuk menyamakan visi, misi maupun narasi besar republik tercinta ini.

Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Yang jelas, semangat kami sekali lagi adalah perubahan dan perbaikan. Bukan hanya karena kami berada dalam oposisi, tetapi ini adalah kehendak rakyat yang makin menggema dari Aceh sampai Papua,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat dan PKS disebut akan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada akhir Januari 2023. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem Effendi Choirie (Gus Choi).

Dengan deklarasi itu, maka Partai Demokrat dan PKS nantinya akan bergabung bersama Nasdem untuk mendukung Anies maju sebagai capres pada pemilu presiden tahun 2024.

“Saya mendengar PKS maupun Demokrat akan mendeklarasikan, mendukung Anies [Baswedan] sebagai calon presiden mungkin akhir Januari, mungkin Februari. Pokoknya sekitar dua bulan atau satu bulan inilah, itu yang saya dengar,” ujar Gus Choi pada Sabtu, 7 Januari 2023.

Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Gus Choi menilai, PKS dan Demokrat memiliki visi dan keyakinan yang sama dengan Nasdem untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Bahkan, katanya, keyakinan Partai Demokrat dan PKS untuk mendukung Anies tidak akan goyah meskipun saat ini banyak sekali godaan kepada dua partai tersebut untuk menggagalkan rencana koalisi atau dukungan dengan menjanjikan jabatan menteri.

Menurut dia, Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat mantap mendukung Anies Baswedan, meski sebagian kalangan meragukan kesolidan ketiga partai itu. “Mereka tidak goyah, meskipun ada yang menawari dari kekuasaan mau dikasih menteri ini, menteri itu; kami enggak yakin mereka goyah, keyakinan kami justru mereka mantap mendukung Anies,” ujarnya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.