Di Jagantara, Airlangga Hartarto Bicara Budaya Sebagai Jati Diri Bangsa

by -53 Views
Airlangga Hartarto (paling kanan) di Acara Jagantara

Sabtu, 11 Maret 2023 – 19:45 WIB

VIVA Politik – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan penting bagi generasi muda untuk menjaga keragaman dan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

Airlangga merasa yakin, budaya yang beragam dan banyak di Tanah Air, akan mampu menjadi daya tarik untuk menghasilkan devisa bagi negara.

“Industri kebudayaan sebagai bagian dari industri pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menghidupkan penghargaan akan keberagaman budaya yang pada gilirannya meningkatkan semangat inklusif dan saling jaga antarkelompok sosial, serta dapat memberikan manfaat ekonomi yang besar,” ujar Airlangga, saat menghadiri Jaga Warisan Nusanta (Jagantara) 2.0 di Jakarta, Kamis malam, dikutip Sabtu 11 Maret 2023.

Untuk diketahui, Jagantara adalah ruang bagi semua pihak yang memiliki kepedulian akan kekayaan budaya Indonesia. Diprakarsai oleh Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation, yang dipimpin oleh Yanti Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar itu sendiri hadir menggunakan busana adat Bugis. Airlangga mengajak semua elemen masyarakat, terus menjaga dan memuliakan warisan budaya Nusantara. 

Bahwa kekayaan budaya Indonesia adalah fondasi kebangsaan dan jati diri bangsa, itu sudah pasti. Tetapi menurut Airlangga, juga bernilai sosial ekonomi. 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Jagantara 2.0 ini yang menampilkan kekayaan budaya Nusantara dalam berbagai bentuk karya seni, seperti baju adat, tari-tarian, hingga kuliner khas Nusantara,” kata Airlangga.

Halaman Selanjutnya

Sejumlah tokoh hadir seperti Guruh Soekarnoputra, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wisnutama, Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto, dan Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.