Demokrat Curiga Pernyataan Bamsoet Soal Tunda Pemilu Titipan Penguasa

by -64 Views
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani

Sabtu, 10 Desember 2022 – 19:16 WIB

VIVA Politik – Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, turut merespon pernyataan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang kembali mewacanakan Pemilu 2024 ditinjau ulang dan terkesan mendukung kepemimpinan Jokowi 3 Periode. Kamhar menduga pernyataan Bamsoet itu tidak keluar begitu saja, melainkan ada yang menitipkan isu tersebut melalu Bamsoet.

“Kuat dugaan pernyataan Bamsoet yang terbaca sebagai bentuk dukungan pada perpanjangan masa jabatan Presiden atau Jokowi 3 periode adalah titipan dari penguasa,” kata Kamhar, dalam pesan singkatnya yang diterima Viva, Sabtu 10 Desember 2022.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto/Instagram/Bamsoet)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto/Instagram/Bamsoet)

Kamhar menduga isu ini sengaja dimunculkan kembali sebab menurut Kamhar, sebelum Bamsoet, ada Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti yang menyatakan pernyataan senada. Adanya isu penundaan pemilubatau Jokowi 3 periode, menurut Kamhar tak bisa dianggap sepele. 

“Jika demikian adanya, tentu Ini berbahaya, satu persatu pimpinan lembaga tinggi negara menjadi target operasi politik untuk mendukung pelanggengan kekuasaan penguasa. Ini menjadi pembegalan demokrasi dan penghianatan reformasi,” kata Kamhar.

Dia mengingatkan bahwa Publik dan penggiat demokrasi wajib curiga mengenai adanya upaya menunda pemilu atau memperpanjang kekuasaan. Dia menilai enjadi sangat berdasar jika menduga ini adalah operasi politik penguasa yang masih terus berlanjut. 

Kamhar mengamati bahwa isu 3 periode ini terus bergulir dan semua aktor-aktor kuncinya adalah figur-figur yang berada pada lingkar dalam kekuasaan. Mulai dari Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang mengatasnamakan bigdata hingga Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.