Capres Populer Bidikan Survei, Adu Kuat Prabowo, Ganjar, dan Anies

by -271 Views
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei

Kamis, 29 Desember 2022 – 05:42 WIB

VIVA Politik – Sepanjang 2022, hasil riset lembaga survei berseliweran mempublikasikan temuannya soal elektabilitas sejumlah figur yang dijagokan maju jadi capres 2024. Ada beberapa nama capres potensial di 2024 versi survei.

Dari deretan survei elektabilitas capres, tiga nama kerap berada di posisi tiga teratas yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Tiga tokoh itu kadang bergantian saling menyalip.

“Kalau bicara kans, tentunya tiga figur ini potensial ya. Pada dasarnya parpol akan realistis mengusung capres yang menurut mereka punya elektabilitas, daya tarik pada rakyat,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno kepada VIVA, Rabu, 28 Desember 2022. 

Meski demikian, masih ada beberapa figur lainnya yang masuk bursa capres 2024 di posisi tengah versi survei. Nama itu antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sumber: instagram.com/aniesbaswedan

Sumber: instagram.com/aniesbaswedan

Lalu, ada juga tokoh yang digadang-gadang nyapres tapi punya elektabilitas rendah merujuk hasil survei. Tokoh di klaster ini seperti Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Ketua DPR RI Puan Maharani. 

Tapi, dari deretan tokoh di atas jika masuk dalam bursa cawapres versi survei justru moncer. Mulai Ridwan Kamil, Sandiaga, AHY, serta Erick Thohir dinilai punya potensi kuat sebagai RI-2.

Halaman Selanjutnya

Nah, untuk tiga capres populer versi hasil survei, berikut ulasan singkat dalam VIVA RePlay berikut ini:

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.