Belanda Akui Kemerdekaan RI 17 Agustus, Bonnie: Babak Baru Pemahaman Sejarah

by -1111 Views
Peristiwa Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit Surabaya

Jumat, 16 Juni 2023 – 00:00 WIB

Banten – Otoritas pemerintah Belanda yang mengakui kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945 direspons positif berbagai pihak di Tanah Air. Pengakuan Belanda itu disampaikan melalui perdana menterinya, Mark Rutte.

Terkait itu, sejarawan Bonnie Triyana menilai pengakuan Belanda tersebut sebagai babak baru sejarah nusantara dalam kemerdekaan RI.

“Pengakuan tersebut, secara formal, menandai babak baru pemahaman sejarah Belanda terhadap revolusi kemerdekaan Indonesia,” kata Bonnie, dalam keterangannya, Kamis, 15 Juni 2023.

Dia mengatakan selama lebih dari 70 tahun, pemerintah Belanda tak pernah mengakui proklamasi RI pada 17 Agustus 1945. Menurut mereka, RI baru merdeka pada 27 Desember 1949. Sebab, saat itu, kedaulatan RI diserahkan Belanda merujuk hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB).

Sejarahwan Bonnie Triyana

Photo :

  • https://ein-institute.org/

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Belanda, Ben Bot, pada 2005 pernah menyampaikan pemerintahnya menerima kenyataan Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Menurut Bonnie, pernyataan itu penuh makna politis.

Dia mengatakan demikian karena maknanya berbeda dengan mengakui.

Halaman Selanjutnya

“Inilah yang membedakan pernyataan Perdana Menteri Mark Rutte kali ini yang jelas-jelas mengatakan bahwa dia, atas nama pemerintah Belanda, mengakui (erkent) kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945,” jelas Bonnie.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.