Asas Persamaan Partai Lama dan Baru, PPP Harap Nomor Urut Partai Diundi

by -309 Views
Dua siswa Sekolah Menengah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung, beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)

Rabu, 14 Desember 2022 – 01:02 WIB

VIVA Politik – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang atau Perppu Pemilu, memuat kalau partai politik bisa menggunakan nomor urut yang sama seperti saat Pemilu 2019. Sebelumnya, setiap pemilu digelar maka akan ada undian nomor, sehingga setiap pemilu nomor partai akan berbeda-beda.

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani berharap penentuan nomor urut partai politik (Parpol) peserta Pemilu melalui mekanisme pengundian.

“Paling tidak hak asas persamaan sebagai peserta terpenuhi, baik partai lama maupun partai baru,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan kecenderungan dari PPP lebih berharap nomor urut tersebut diundi. Tetapi kata dia, jika mayoritas partai tidak menginginkan diundi, PPP tidak mempersoalkannya.

Hal itu disampaikan Arsul saat ditanyakan terkait ketentuan nomor urut partai politik (parpol) peserta Pemilu yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Pemilu Nomor 1 Tahun 2022 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum tertanggal 12 Desember 2022.

Perppu tersebut salah satunya memuat perubahan materi dalam Pasal 179 ayat (3) tentang nomor urut partai politik yang memenuhi ketentuan ambang batas perolehan suara secara nasional untuk Pemilu anggota DPR pada 2019 dan telah ditetapkan sebagai peserta pemilu.

Partai politik tersebut dapat menggunakan nomor urut yang sama pada Pemilu 2019 atau mengikuti penetapan nomor urut partai politik peserta pemilu yang dilakukan secara undi dalam sidang pleno terbuka KPU.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.