Anggota Komisi XI DPR Dukung Langkah Jokowi Hilirisasi Sektor SDA

by -201 Views
Ilustrasi smelter nikel.

Selasa, 11 April 2023 – 16:49 WIB

VIVA Politik – Anggota Komisi XI DPR RI, Andi Achmad Dara, mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan percepatan kebijakan hilirisasi di sektor Sumber Daya Alam (SDA), baik nikel, batu bara, maupun di sektor kelautan dan kehutanan. Dia yakin, hilirisasi mampu membuat ekonomi daerah lebih cepat berkembang karena mendapat nilai tambah ekonomi yang besar.

Andi mendukung penuh terobosan penting Presiden Jokowi ini yang dianggapnya sebagai terobosan kebijakan yang paling monumental karena akan menjadi melting stone (batu loncatan) menjadi negara maju dan bersaing dengan negara maju lainnya.

“Harus kita apresiasi dan dukung penuh langkah Presiden Jokowi untuk hiliisasi ini, karena kebijakan ini adalah paling monumental dan menjadi kunci Indonesia menjadi negara maju ke depan”, ungkap Andi Dara  dalam keterangan yang diterima, Selasa 11 April 2023.

Reorganisasi antara MIND ID dan INALUM akan mengakselerasi program hilirisasi

Reorganisasi antara MIND ID dan INALUM akan mengakselerasi program hilirisasi

Secara teknis, ekonomi Indonesia akan menjadi negara maju pada tahun 2045 karena peningkatan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) diproyeksikan mencapai US$  9-11 ribu triliun dengan pendapatan perkapita US$ 21-29 ribu. 

Andi menyebut bahwa hilirisasi akan menciptakan multiplier effect yang berdampak signifikan terhadap peningkatan pendapatan ekonomi Indonesia, termasuk ekonomi daerah.

“Hilirisasi ini akan berdampak besar terhadap banyak sektor yang mampu mempercepat peningkatan pendapatan ekonomi Indonesia”, lanjut Andi.

Halaman Selanjutnya

Secara khusus, Andi Dara juga mendukung proyeksi pemerintah bahwa hililirasi akan mampu meningkatkan ekonomi daerah, terutama di daerah yang menjadi sumber penghasil SDA. Beberapa daerah disebutkan dapat menjadi bukti pertumbuhan ekonomi yang meningkat pesat sehingga diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.