Ada Megawati hingga Surya Paloh

by -4802 Views
Surya Paloh, HUT Partai Nasdem ke-11

Selasa, 20 Desember 2022 – 22:18 WIB

VIVA Politik – Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis hasil penelitiannya. Dalam temuan survei terbarunya, LSI Denny JA beberkan empat sosok king maker yang bakal menjadi penentu calon Presiden dan calon Wakil Presiden di 2024. 

Keempat sosok tersebut adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketum Nasdem Surya Paloh.

King maker dalam penelitian kami adalah mereka atau pihak atau orang yang memegang kunci penuh dalam penentuan capres-cawapres,” kata Peneliti LSI Denny JA, Fitri Hari saat memaparkan hasil penelitian secara daring, Selasa, 20 Desember 2022.

Fitri menjelaskan, selain menjadi penentu, empat king maker ini juga jadi pemegang tiket penuh dalam Pilpres 2024. Artinya, kata dia, empat ketum itu memiliki legal formal untuk bisa mencalonkan sosok yang didukungnya maju pada kontes Pilpres 2024.

“Jadi mereka ini yang memiliki legal formal dalam penentuan capres di Pilpres mendatang,” jelas Fitri.

Ganjar Pranowo saat menjemput Ketum PDIP MegawatI Sukarnoputri.

Ganjar Pranowo saat menjemput Ketum PDIP MegawatI Sukarnoputri.

Merujuk UU Pemilu, calon presiden adalah seseorang yang didaftarkan oleh partai politik atau parpol atau gabungan parpol. Maka itu, menurut Fitri, para king maker inilah orang-orang yang memenuhi syarat tersebut untuk bisa mengusung capres dan cawapres.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.